Jumat, 29 Juni 2012

Kereta Ekspress Hyundai Solusi Masih Bermasalah


Kereta Ekspress Hyundai Solusi Masih Bermasalah
Firzie A. Idris
Perjalanan 500 km seharga 250 ribu rupiah. (Arief Bagus/Bolanews)
Skoda Express Train adalah salah satu kunci Ukraina memecahkan problema transportasi antara host city. Pengalaman menggunakan kereta Hyundai anyar itu sepadan dengan mendapatkan tiket yang terhitung sulit bagi para suporter. Minimnya jumlah kereta berbanding rute menjadi salah satu alasan.
===EKSKLUSIF TABLOID BOLA/BOLANEWS.COM===
Pada Sabtu (16/6) BOLA naik kereta sore Skoda dari Kyiv ke Kharkiv. Dalam satu hari hanya ada dua kali jadwal rute tersebut, pagi (06.05) dan sore (18.15). Wajar apabila permintaan membludak jelang hari-hari laga.
Harga tiket kelas 2 yang BOLA dapat, sekitar 230 hryvna atau 250 ribu Rupiah, tak terlalu mahal relatif dengan kecepatan dan kenyamanan. Perjalanan 500 kilometer dapat ditempuh dalam waktu lima jam, setengah waktu jika menggunakan bus seperti yang BOLA coba dalam perjalanan ke Kyiv.
Kecepatan maksimal Skoda Train adalah 160-an km/jam dengan membawa tujuh rangkaian. Satu gerbong berkategori kelas satu (46 orang) dan lima kelas dua. Gerbong kelas dua yang BOLA naiki bisa menampung 70 orang. Selain itu terdapat satu rangkaian khusus penjual makanan dan bar.
Saking barunya kereta Skoda buatan tahun ini itu hingga sistemnya pun tak bisa berfungsi optimal. Pendingin udara di rangkaian kereta beberapa kali mati sebelum dibenahi teknisi-teknisi Hyundai yang didatangkan langsung dari Korea.
Keamanan tampak terjamin karena BOLA melihat langsung setidaknya dua petugas jawatan kereta api bersenjatakan baton polisi. Gangguan penumpang berpotensi terjadi karena bar menjual alkohol. Seorang pendukung Belanda bahkan terlihat sangat mabuk saat kereta sampai ke Kharkov karena ia tak berhenti menenggak bir selama lima jam perjalanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar